Jumat, 13 Juli 2012

Longsor terbesar di Alaska



Longsor terbesar di Alaska

 

Sebuah longsor besar dikirim ton batu dan puing-puing jatuh lebih dari lima mil menyusuri gletser di Alaska, Dinas Taman Nasional dilaporkan dalam acara yang bisa menjadi satu lagi tanda pemanasan dunia.

Terletak di daerah terpencil Glacier Bay National Park, slide begitu besar itu terdaftar pada monitor sebagai peristiwa gempa 3,4 magnitudo.

Para pejabat melihat blip monitor pada tanggal 11 Juni tapi tidak sampai 2 Juli bahwa pilot melewati situs mengambil foto yang menunjukkan betapa besar itu,"Ini tentu yang terbesar bahwa kita sadar" di dalam taman, Glacier Bay ekologi Lewis Sharman mengatakan kepada msnbc.com.

Longsor besar terjadi dari waktu ke waktu geologi, Marten Geertsema, seorang peneliti bahaya alam untuk Kantor Hutan di British Columbia terdekat, kepada msnbc.com, tapi pasti adalah "salah satu tanah longsor runout terpanjang di gletser di Alaska dan Kanada dalam beberapa kali . "

Selain itu, gaya ini sangat besar, Geertsema kata. Tidak ada yang hadir, tapi ada orang yang ada mereka mungkin "akan tumbang oleh ledakan udara," katanya kepada Associated Press.

Pejabat mengesampingkan gempa bumi sebagai pemicu yang menyebabkan bagian dari Gunung Lituya hampir 12.000-kaki untuk memberi jalan, dibekap es putih Johns Hopkins Glacier dengan batu gelap dan puing-puing di atas lahan seluas setengah mil lebar dan 5,5 mil panjang.


"Hal ini memainkan peran penting," kata Geertsema perubahan iklim. "Saya pikir kita telah meremehkan peran mungkin bermain."

Sharman, ahli ekologi taman, bergema bahwa sentimen, mengatakan ia sudah mendengar dari para ahli bahwa "mereka tidak akan terkejut" melihat lebih banyak tanah longsor seperti di dalam taman nasional jika suhu terus memanas.

"Tentu kita melihat peningkatan longsor besar selama beberapa dekade terakhir," kata Geertsema, mengutip 2006 studi yang ditemukan antara 1973 dan 2003 rata-rata di utara British Columbia meningkat dari 1,3 longsor besar per tahun menjadi 2,3.

Apalagi, kata dia, sebagian besar slide di utara British Columbia yang terjadi di tahun-tahun terpanas.

Tanah longsor seperti ini juga bisa dipicu oleh faktor lain, Geertsema menambahkan, seperti kombinasi dari snowpack besar dan mata air dingin yang mengakibatkan lelehan tertunda dan kemudian cepat.

Slide itu sendiri mil dari daerah yang digunakan oleh pengunjung taman, yang sebagian besar melihat Glacier Bay dengan kapal pesiar.

"Anda tidak bisa melihatnya dari perahu atau teluk Anda harus sampai terbang.. Dan bukan pada rute terbang khas," kata juru bicara John taman layanan Quinley Reuters. "Itu akan sangat mengerikan jika Anda sudah berkemah di gletser."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar