Minggu, 11 Oktober 2015

Bayi Bermata Satu yang Gegerkan Dunia

Terungkap Penyebab Bayi Bermata Satu yang Gegerkan Dunia

Memiliki bayi yang sehat dan sempurna, menjadi impian ibu siapapun yang sedang mengandung. Maka tidak heran, jika saat hamil seorang wanita harus benar-benar mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya nutrisi.

Selain itu, ada juga kepercayaan yang beredar di masyarakat jika saat sedang hamil terutama suami dilarang untuk membunuh binatang, jika bayinya ingin terlahir dengan sempurna dan juga sehat.

Namun pada hari Minggu, 4 Oktober 2015 lalu, terlahir bayi mungil di sebuah rumah sakit swasta di Kota Timur Laut dari El Senbellawein. Bayi tersebut memiliki mata satu tepat di dahinya dan tidak memiliki hidung.




Bayi 'cyclops' yang lahir di Mesir ini, kontan membuat geger masyarakat, dan juga dunia. Dan bayi yang diperkirakan tidak akan hidup beberapa hari ini, sontak membuat kaget para dokter dan perawat.

Namun setelah dilakukan penyelidikan, ternyata ibunya terkena radiasi selama kehamilan berlangsung.

Dokter percaya, anak yang baru lahir ini menderita cyclopia--sebuah kondisi medis yang tidak biasa di mana hanya bermata satu yang diambil dari mitologi Yunani--disebabkan oleh paparan radiasi saat bayi di dalam rahim.

Cyclopia adalah salah satu bentuk paling langka dari cacat lahir, dan anak-anak yang lahir dengan kondisi ini, sering meninggal segera setelah lahir.

Mata tunggal dan hidung yang hilang, adalah hasil dari soket mata anak yang tidak membentuk dengan benar di dalam rahim. Kebanyakan bayi dengan gangguan ini tidak bertahan lama, karena mereka sering memiliki cacat berat lainnya, termasuk cacat pada hati yang serius.

Menurut laporan dari Saudi Arabian situs berita slaati.com, dokter berpikir, deformitas bisa menjadi hasil dari kombinasi obat-obatan yang diambil oleh ibu atau dari paparan radiasi.

Kelainan ini juga dapat terjadi sebanyak empat kali dalam 1.000 kelahiran. Namun beruntungnya, cacat ini sering terjadi pada hewan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar